Peran Manajemen Komunikasi Lintas Budaya Dalam Kaitan Dengan Multkulturalisme Di Lingkungan Perusahaan
Kata Kunci:
kebudayaan, budaya organisasi/ perusahaan (corporate culture), kebhinekaan budaya (multikultural),, organisasi/perusahaan (kantor), ergaulan lintas budaya, komunikasi lintas budayaAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana elemen komunikasi lintas budaya dalam kaitan dengan multikulturalisme di lingkungan Hotel Care In Merauake. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Kenyataannya, hampir semua perusahaan nasional dan multinasional yang beroperasi di Indonesia bersifat multikultural. Hal itu terjadi justru karena perusahaan-perusahaan tersebut mempekerjakan tenaga kerja Indonesia, yang beragam atas nama ras, suku, agama, bahasa, status sosial, gender, dan usia (workforce diversity). Selain itu, setiap organisasi memiliki visi unik dan misi spesifiknya sendiri. Sifat multikultural secara alamiah cenderung menguat karena setiap organisasi menyambut tenaga kerja asing sebagai konsekuensi dari forum globalisasi. Misalnya forum ekonomi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang sudah dimulai sejak 1 Januari 2016. Dalam konteks tersebut, setiap orang yang direkrut seperti sekretaris profesi harus membentuk perilaku seperti: Pertama, memilih beralih dari yang gigih menolak menjadi antusias. merangkul realitas multikultural di tempat kerja modern. Kedua, menerapkan gaya komunikasi lintas budaya seperti itu dengan benar sambil mengembangkan interaksi dengan orang lain.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Henricus Raba

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.